MULTIINFORMASI.ID || Medan –
Assessment (Uji Kompetensi) Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Eselon II Pemerintah Aceh Tamiang, dilaksanakan oleh Satuan Sumber Daya Manusia (SSDM) Markas Besar (Mabes) Polisi Republik Indonesia (Polri) di Polisi Daerah (Polda) Sumatera Utara bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan performa pelayanan jabatan pimpinan untuk masyarakat.
Disamping melahirkan pimpinan yang berkualitas tinggi, juga menambah wawasan dalam kepemimpinan pada jabatan yang diemban peserta.
Asessment diikuti 25 orang Kepala Dinas, di lingkup Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Aceh Tamiang. Dilaksanakan selama dua hari dari Selasa, 22 – 23 Juli 2025 di Poldasu.
Kegiatan ini diinisiasi oleh Bupati Aceh Tamiang Irjen Pol (P) Drs. Armia Pahmi, MH. Bertujuan untuk mendukung program-program prioritas di wilayah tersebut.
Disela kesibukan Team Asesor, MULTIINFORMASI.ID juga berkesempatan langsung berinteraksi kepada Kombes Pol Sarpani, Asesor Madya Tingkat III Mabes Polri, terkait apa saja lingkup materi yang menjadi bahan team Asesor dalam kegiatan ini yang berlangsung pada Rabu, (23 Juli 2025) di Poldasu, Sumatera Utara.
Tujuan Kegiatan,
Bupati Armia menginginkan adanya peningkatan kinerja dan performa pelayanan kepada masyarakat melalui kegiatan asesmen center, bertujuan untuk melakukan pemetaan potensi yang dimiliki oleh para aparatur sipil negara (ASN). Harapannya dapat memberikan dampak positif bagi kinerja pemerintah daerah.
Kenapa Assessment tidak dilakukan di Polda Aceh ? Tak lain untuk mempertimbangkan efisiensi anggaran dan efektivitas kegiatan.
Dengan lokasi yang dekat, diharapkan dapat mengurangi biaya dan waktu perjalanan bagi peserta dibandingkan jika kegiatan diadakan di Jakarta atau Banda Aceh.
Pengalaman Sebelumnya,
Kegiatan Assessment sebelumnya telah dilakukan di kabupaten lain di Aceh, yakni Aceh Singkil, Selain untuk kepala dinas, Assessment juga dilakukan untuk Sekda dan para kepala dinas lainnya serta lembaga kementerian.
Alasan memilih Assessment Center Polri adalah karena lembaga ini telah tersertifikasi Grade A dan memiliki reputasi yang tinggi.
Kompetensi yang Diuji,
Dalam Assessment ini, beberapa kompetensi yang diujikan antara lain termasuk integritas, pengambilan keputusan, dan pelayanan publik.
Semua kompetensi disesuaikan dengan karakteristik wilayah dan kebutuhan ASN, sesuai dengan visi, misi, dan kebijakan daerah.
Partisipasi Pihak Terkait,
Pentingnya keterlibatan pimpinan daerah terlihat dengan kehadiran Bupati dan Sekda, memberikan pengarahan dan motivasi langsung kepada peserta.
Kehadiran keduanya menambah semangat dan menunjukkan komitmen dalam melaksanakan kegiatan ini dengan baik.(DJ)
Tags:
Berita/Pemkab

